Rabu, 12 Maret 2014

Technology and Education

Teknologi dan Pendidikan

Teknologi dan pendidikan adalah dua kata yang sering kita dengar pada era modren ini.Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, kita bisa melihat kehidupan masyarakat yang tidak pernah terlepas dari penggunaan teknologi.Penggunaan teknologi tampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat dalam era modren ini.Seluruh lapisan masyarakat dari berbagai dunia telah menggunakan teknologi sebagai alat untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang lebih luas.Tidak hanya dari kalangan dewasa saja, para remaja dan anak-anak di masa sekarang ini telah menggunakan teknologi sebagai bagian dari kehidupan mereka dan seiring perkembangan jaman teknologi terus berevolusi semakin canggih dan diminati.
 Begitu juga dengan pendidikan yang juga merupakan bagian dari kehidupan masyarakat  serta berperan penting dalam suatu negara.Tanpa adanya pendidikan, negara  kita tidak akan berkembang dan menjadi negara maju,serta mampu bersaing dengan negara lain dari berbagai  lapisan dunia.Pendidikan dapat menjadikan suatu negara memiliki  kualitas sumber daya manusia yang tinggi demi tercapainya cita-cita dan tujuan negara.Maka sangat tidak di herankan jika saat ini pemerintah terus berusaha memperbaiki kualitas pendidikan dan memanfaatkan teknologi sebagai  sarana pendukungnya.
 Dengan kata lain, teknologi berhubungan erat dan berperan penting dalam proses pendidikan,dan sebaliknnya dengan pendidikan yang tinggi manusia mampu menciptakan alat-alat teknologi baru yang lebih canggih.Ibarat simbiosis mutualisme  yang saling menguntungkan satu sama lain.

Revolusi Teknologi

Pada faktanya,proses pendidikan yang dialami murid-murid di masa lalu sangat berbeda dengan proses pendidikan murid-murid di masa sekarang.Teknologi harus menjadi bagian dari integral sekolah dan pelajaran dalam kelas.Saat ini telah banyak sekolah-sekolah yang menggunakan teknologi sebagai sarana belajar siswanya.Di indonesia misalnya,hampir seluruh sekolah di Indonesia saat ini telah menggunakan komputer pada aktivitas belajar dan mengajar dikelas,bahkan dalam hal pengerjaan tugas sebagian besar murid-murid telah menggunakan teknologi handphone sebagai sarana pendukungnya, jika dibandingkan dengan proses pendidikan dan proses belajar di masa dulu,terlihat jelas hal ini benar-benar sangat jauh berbeda.Revolusi teknologi juga dapat kita lihat berdasarkan fakta bahwa pada tahun 1983 di sekolah -sekolah  Amerika terdapat sekitar 50,000 unit komputer,lalu pada tahun 2002 bertambah menjadi lebih dari 6 juta unit komputer.Setiap sekolah di Amerika kini sedikitnya memiliki satu komputer.Hal ini menunjukkan perkembangan penggunaan teknologi yang begitu pesat.
Penggunaan teknologi komputer dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih eksploratif dan  interaktif daripada hanya membaca buku atau mendengar paparan deskripsi yang di jelaskan oleh guru.Meskipun teknologi telah menjadi bagian dari sekolah dalam beberapa dekade dan berpotensi meningkatkan pembelajaran murid,teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban.Sekolah -sekolah masih ketinggalan dalam memanfaatkan teknologi jika dibandingkan lembaga lain,seperti bisnis.Hal ini berpengaruh terhadap kesiapan siswa dalam dunia kerja di masanya yang akan datang.
 Banyak guru yang tidak akrab denga komputer,sebagian besar guru tidak memiliki pengetahuan yang memadai dalam penggunaan komputer,banyak pula sekolah-sekolah yang tidak menyediakan pelatihan akibatnya guru lebih memilih memaparkan serta menjelaskan bahan ajarnya tanpa menggunakan teknologi komputer.Selain itu akibat dari perkembangan jaman yang sangat pesat,komputer yang di beli sekolah menjadi ketinggalan jaman.
Kenyataan ini,menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah belum di revolusionerkan secara teknologis.Karena ketika sekolah memiliki guru yang terlatih secara teknologis,maka revolusi teknologi di sekolah akan benar-benar mengubah sekolah-sekolah.

Internet

Apa si internet itu?

 Tentu nya kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata "internet".Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer yang berisi ribuan jaringan komputer  yang terhubung di seluruh dunia.Internet menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses oleh murid,membantu murid  mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dalam proses belajar.World wide web adalah sistem pengambilan  informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet yang mencangkup teks dan grafis.Semua informasi dapat di akses oleh murid melalui web.Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet,menampilkan informasi yang dimasukan oleh individu atau organisasi.Email merupakan bagian penting lain dari internet.Pesan dapat diterima dari individu atau banyak individu sekaligus dari berbagai lapisan masyarakat dunia.







Technology & Education
Berikut ini beberapa cara efektif untuk menggunakan internet di dalam kelas:
  • Menavigasi dan mengintegrasikan pengetahuan
  •  Mendorong belajar bersama
  •  Menggunakan email
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru

Teknologi dan Disversitas Sosiokultural

Teknologi membawa beberapa isu sosial.Misalnya,akankah pengguna komputer  teknologi sekolah,terutamakomputer akan memperlebar jurang perbedaan antara jurag perbedaaan antara murid kaya dan miskin,atau antara pria dan wanita (spring,2002)? Problem akses komputer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin banyaknya komputer di rumah keluarga kelas menengah atas.Juga ada problem kesenjangan kelompok etnis.Komputer sering dipakai untuk aktivitas yang berbeda di kelompok sosiokultural yang berbeda.

Rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam aksees dan penggunaan komputer(Gipson,1997;Sheffield,1997):
  • Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender,kultural,dan etnis.
  • Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender,etnis,dan kultural
  • Beri murid informasi tentang pakar dari latar  belakang gender dan etnis yang berbeda menggunakan teknologi secara efektif dalam kehidupan karier mereka.
  • Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktivitas belajar berbasis komputer dirumah.

Standard untuk Murid yang "Melek Teknologi"

International Society for Technology in Education bekerja sama dengan  US Departmen of  Education telah mengembangkan standard  untuk murid guna mencapai level grade yang berbeda.International Society for Technology in Education telah menyusun standar teknologi di masa pra-taman kanak-kanak sampai grade dua, grade 3 sampai 5, grade 6 sampai 8, dan grade 9 sampai 12. Standar ini bervariasi mulai dari pengangkat input dan output saat murid sudah selesai grade dua hingga murid mampu menggunakan sumber daya informasi online secara efektif untuk memenuhi kebutuhan riset, komunikasi dan produktivitas pada akhir grade 12.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar